SELAMAT DATANG DI WEB BLOG PRIMAQUA SOLUTION, Solusi Prima Air Bersih, Higienis dan Terpercaya dalam Filter Air dan Purifier serta Reverse Osmosis untuk Water Treatment dan Sewage Treatment Untuk Rumah Tangga, Kantor, Rumah Sakit, Hotel, Klinik, Pabrik, dan Home Industri

MANFAAT MINUM AIR BERSIH, SEHAT DAN HIGIENIS

Januari 02, 2018 | ,

MANFAAT MINUM AIR BERSIH, SEHAT DAN HIGIENIS

Semua orang pasti setuju bahwa air sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Air diperlukan oleh tumbuhan sehingga menjadi produsen bagi binatang atau manusia juga sebagai elemen dasar dalam mata rantai kehidupan. Bagi sebagian binatang, selain untuk minum, air juga menjadi tempat tinggal mereka. Tidak mengherankan bahwa bumi diciptakan dengan sebagian besar terdiri dari air. Begitu juga, dengan tubuh kita, 80% terdiri dari air.

1. MENJAGA KESEIMBANGAN CAIRAN TUBUH
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Secara garis besar, fungsi cairan tubuh adalah untuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi saliva (air liur), hingga transportasi nutrisi di dalam tubuh.

Saat kekurangan cairan, otak akan mengirimkan ‘sinyal haus’ agar Anda tahu bahwa tubuh Anda membutuhkan tambahan cairan agar dapat bekerja dengan baik. So, jangan sepelekan rasa haus, karena itu dapat mempengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan.

2. MENJAGA TENAGA DAN MEMULIHKAN STAMINA
Otak sebagian besar tersusun dari air. Sel-sel tubuh juga memerlukan air untuk bekerja. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) akan mengakibatkan hilangnya fokus, kurang konsentrasi, mudah lelah, dan mengantuk.

Saat kekurangan cairan, tubuh mengalami penurunan volume darah sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras, dan organ lain pun bekerja tidak efektif.

3. MEMBANTU DAN MENDUKUNG FUNGSI GINJAL
Ginjal membersihkan racun dari dalam tubuh, membantu mengontrol tekanan darah, serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh, sehingga fungsinya sangat penting dalam sistem tubuh. Bagaimana cara menjaga agar ginjal tetap bekerja dengan baik? Minumlah air putih yang cukup!

4. MENGELUARKAN RACUN
Air merupakan pembersih racun terbaik, dengan membantu membuang racun-racun di dalam tubuh melalui keringat dan urin. Air akan memecah dan melarutkan garam dan mineral yang ada pada urin, sehingga tidak menimbulkan penyakit batu ginjal. Dengan begitu racun dari dalam tubuh bisa keluar dengan mudah, dengan warna urin jernih dan tidak berbau.

Konsentrasi, warna, serta bau urin akan bertambah bila tubuh kekurangan cairan, karena ginjal akan menyerap cairan untuk bekerja. Minumlah lebih banyak air terutama saat udara panas agar cairan yang keluar bisa cepat tergantikan. Selain itu, meminum banyak air akan membantu meringankan kerja hati mengurai racun dalam tubuh.

5. MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN
Sejak dahulu sudah banyak orang melakukan diet dengan banyak mengonsumsi air putih karena air merupakan minuman tanpa kalori. Sehingga dengan meminum lebih banyak air bisa mengurangi kalori yang masuk dan membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi menemukan, orang yang meminum air putih sebelum makan, berat badannya berkurang lebih cepat dibanding mereka yang tidak meminum air. Itu terjadi karena air membantu mengurangi nafsu makan, membuat perut menjadi kenyang. Selain itu air juga membantu pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh.

6. MELANCARKAN PERCERNAAN
Air juga akan membantu meningkatkan fungsi saluran cerna dan mencegah konstipasi/sembelit. Kekurangan cairan tubuh akan berakibat sembelit atau susah buang air besar, karena usus menyerap air dari kotoran untuk berhidrasi, sehingga akan membuat kotoran menjadi keras dan susah keluar.

Meminum air akan membantu tubuh mengolah makanan, membantu pencernaan bekerja dengan baik, melancarkan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar. Air dan serat adalah kombinasi sempurna untuk pencernaan, terutama untuk usus Anda.

7. MENGOBATI SAKIT KEPALA DAN MIGRAIN
Sering kali migrain dan sakit kepala yang Anda alami disebabkan oleh dehidrasi, walaupun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh faktor lain.

Sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa dengan lebih banyak air yang diminum dapat membantu mengurangi durasi serta intensitas rasa sakit pada partisipan yang diteliti. Tak ada salahnya mengonsumsi air sebagai langkah awal bila rasa sakit pada kepala menyerang.

8. MEMPERBAIKI SUASANA HATI (MOOD)
Peneliti mengindikasikan bahwa dehidrasi ringan bisa berdampak negatif pada suasana hati dan kemampuan berpikir. Sebuah studi yang diadakan pada 25 wanita dan diterbitkan pada Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi bisa mempengaruhi mood dan fungsi kognitif seseorang.

Dengan meminum cukup air, akan membuat Anda segar kembali dan memperbaiki suasana hati Anda.

9. MENGATUR SUHU TUBUH
Saat berolahraga atau cuaca sedang panas, tubuh kita akan mengalami kenaikan suhu dan berkeringat. Air lah yang membantu melepas panas dari tubuh saat keringat yang keluar dari kulit. Air putih yang Anda minum akan membantu menstabilkan suhu tubuh. Semakin banyak keringat yang keluar, semakin banyak air yang harus kita minum nantinya untuk menggantikan cairan yang keluar.

Di cuaca dingin pun, kita harus tetap meminum cukup air, karena tubuh kita akan tetap kehilangan cairan melalui nafas, feses, dan terutama urin.

10. MEMELIHARA KESEHATAN DAN KECANTIKAN KULIT
Air akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan melancarkan aliran darah dan nutrisi, yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda. Air juga akan memperbaharui jaringan kulit, melembabkannya, melembutkan, bercahaya, dan membuatnya lebih elastis. Keriput pun berkurang.

0 komentar: